Mengembangkan Pendekatan TikTok Terhadap Penegakan Konten

Jakarta.Merdekaonline.id-Setiap harinya, TikTok terus berupaya untuk membangun lingkungan yang menyenangkan dan inklusif, di mana komunitas TikTok dapat berkreasi, menemukan komunitas, dan terhibur. Agar lingkungan tersebut tetap aman, TikTok terus berupaya melakukan pembaruan terkait kemanan, termasuk menghapus konten yang melanggar Panduan Komunitas dan membatasi penyebaran konten yang mungkin tidak sesuai bagi khalayak luas.

Sebagai bagian dari tanggung jawab TikTok terhadap keamanan, TikTok juga merilis Laporan Penegakan Panduan Komunitas untuk Q4 2022 untuk memberikan gambaran tentang upaya yang sudah dilakukan TikTok terkait keamanan, termasuk berbagai pembaruan yang dilakukan untuk meningkatkan akurasi dan efisiensi dari moderasi konten di TikTok. Laporan yang dirilis setiap kuartal ini memberi gambaran tentang upaya yang sudah dilakukan TikTok terkait keamanan, termasuk berbagai pembaruan yang dilakukan untuk meningkatkan akurasi dan efisiensi dari moderasi konten di TikTok.

TikTok juga melakukan beberapa pembaruan terhadap sistem penegakan konten yang meliputi:

Melakukan moderasi dalam skala besar, guna mengidentifikasi dan menghapus konten berbahaya dalam waktu secepat mungkin. Untuk mencapai tujuan ini, TikTok mengerahkan kombinasi teknologi otomatis dan moderator manusia yang terampil guna membuat keputusan sesuai konteks konten, seperti konten yang berkaitan dengan misinformasi, ujaran kebencian, dan pelecehan.

Mengembangkan pendekatan TikTok dalam sistem moderasi konten, di antaranya:
Menyempurnakan pendekatan untuk memprioritaskan akurasi yang lebih baik, meminimalkan jumlah views pada konten yang melanggar Panduan Komunitas, serta menghapus konten berbahaya secepat mungkin.

Meningkatkan sistem peninjauan konten dengan mempertimbangkan tingkat bahaya dari sebuah konten (berdasarkan jenis pelanggaran yang mungkin terjadi) dan luas jangkauan konten berdasarkan jumlah pengikut akun (followers).

Memanfaatkan berbagai langkah keamanan lainnya, antara lain mengenakan pembatasan usia (age-restricted) pada beberapa fitur dalam aplikasi, menentukan konten yang tidak memenuhi syarat untuk direkomendasikan, serta menerapkan sistem Content Level secara lebih sering dan transparan.

Meluncurkan Laporan Transparansi TikTok Q4 tahun 2022, di mana dampak dari perubahan di atas tercermin dalam data pada laporan. Sebagai contoh, terjadi penurunan pada jumlah konten yang dihapus oleh TikTok. Hal ini dikarenakan TikTok memutuskan untuk membuat konten yang tidak berbahaya agar tidak memenuhi syarat untuk ditampilkan di laman For You, ketimbang menghapus kontennya.

TikTok telah membuat berbagai perbaikan tambahan yang signifikan pada tahun ini seperti memperkenalkan sistem penegakan akun terbaru. TikTok juga memperbarui Panduan Komunitas TikTok secara menyeluruh dengan pengelompokan kebijakan baru, yang nantinya akan menjadi acuan Laporan Penegakan TikTok ke depannya. Selain itu, TikTok juga terus menyempurnakan proses moderasi konten di balik layar, salah satunya dengan mengelompokkan lebih banyak tim moderasi konten sesuai dengan bidang keahliannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *